Glasswool Gunungkidul

 Glasswool Gunungkidul 


Pengertian Dasar :

Glasswool Gunungkidul adalah material insulation berbahan dasar serat kaca yang berfungsi sebagai peredam pantulan suara dan mengurangi intensitas suara dari resonansi panel yang sampai ke telinga. Prinsip kerjanya adalah mengubah energi gerak (getaran) menjadi energi panas akibat tumbukan molekul – molekul dalam bidang peredam suara. Berbagai kelebihan seperti, daya konduksi yang rendah, tidak mudah terbakar dan aman, daya fleksibilitasnya sangat baik, dan bebas perawatan, dapat anda dapatkan dengan menggunakan Glaswool.

Spesifikasi :

Diameter / Dimension                : 1200 x 30000(mm), 1200 x 15000(mm)

Thickness                                  : 25(mm), 50(mm)

Density                                      : 16 kg/m3

Temperature Service                 : 250 oc

Fungsi :

Setelah mengetahui deskripsi tentang glasswool Gunungkidul maka selanjutnya Anda perlu mengetahui fungsi utama dari material yang satu ini. Sesuai dengan namanya, material glasswool adalah fiber glass dengan beberapa proses tertentu, berfungsi sebagai peredam suara dan panas yang dapat digunakan dimanapunsesuai kebutuhan. Jika glasswool pada alat yang digunakan sudah mulai tipis maka suara bising akan lebih terdengar jelas dan alat lebih terasa panas.

 

Nah, apabila sudah muncul tanda-tanda tersebut maka disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Bahan glasswool yang bagus yaitu bisa habis terbakar jika digunakan. Perlu diketahui, semakin bagus bahan glasswool tersebut harga yang ditawarkan juga semakin mahal. 

 


Manfaat :

Jika melihat dari fungsi glasswool Gunungkidul bisa diambil kesimpulan, bahwa peralatan ini memberikan beberapa manfaat untuk mengurangi bising dan panas. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat glasswool yang tak banyak diketahui. Diantaranya yaitu:

- Penggunaan glasswool ternyata dapat menjaga suhu sehingga terhindar dari suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

- Glasswool dikenal sebagai salah satu bahan yang tidak menimbulkan bau-bau aneh sehingga sangat nyaman dan aman saat digunakan. 

- Dapat membuat suara knalpot lebih halus sehingga mengurangi tingkat kebisingan pada kendaraan Anda.

- Berbagai alat elektronik menggunakannya, misalnya pada lapisan meisn cuci.

Meski memiliki banyak manfaat, dalam pemasangan glasswool sendiri tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Butuh kehati-hatian agar tidak salah pemasangan sehingga membuatnya tidak bisa berfungsi secara maksimal.

 

Proses Pembuatan Glasswool :

Glasswool Gunungkidul atau Wol kaca dibuat dari lapisan tebal serat kaca yang diproses dalam oven pada suhu 200 ° C untuk mengikat untaian benang bersama-sama dan dengan demikian dapat mengurangi ketebalan lembaran.

Selain itu, material meleleh hingga 1100 ° C dalam tungku listrik dan kemudian dikondisikan dalam tungku berbahan bakar gas. Ini adalah produk tungku yang terbuat dari gelas cair. Dari gelas leleh ini, serat dipintal. Proses selanjutnya adalah memutar serat kaca yang tergabung dalam kecepatan tinggi mirip dengan metodologi yang digunakan dalam produksi permen. Dalam proses pemintalan, zat pengikat dicampur ke dalamnya.

Tidak ada bahan CFC atau HCFC yang dikembangkan dalam proses produksi. Serat dikumpulkan dalam bentuk anyaman tikar di ruang pengumpulan dan kemudian dipindahkan ke oven di mana ia diproses dalam kondisi yang terkendali dengan ketebalan dan kepadatan yang diinginkan.

Material glasswool dibuat khusus dalam gulungan atau lempengan. Demikian juga, itu juga digunakan sebagai komponen yang disemprotkan atau diterapkan pada permukaan untuk diisolasi. Glasswool adalah bahan serbaguna yang digunakan untuk insulasi dinding, atap, dan lantai. Selama pemasangan, serat kaca harus tetap kering setiap saat karena peningkatan kadar air dapat menyebabkan peningkatan konduktivitas termal yang signifikan sehingga merusak kualitas glasswool.


Karakteristik bahan glasswool :

Material glasswool Gunungkidul memiliki karakteristik spesial sebagai material bahan bangunan, yaitu sebagai berikut :

  • Tahan api hingga 300 ° C.
  • memiliki kekuatan tarik yang sangat baik.
  • digunakan sebagai dinding berongga dan isolasi drywall.
  • Selain itu, juga digunakan untuk insulasi atap di auditorium dan plafon gantung.
  • mencegah kehilangan panas, terutama dalam sistem ducting HVAC.
  • adalah isolator suara yang sangat baik dan digunakan sebagai penghalang akustik di partisi yang mencegah transmisi suara.
  • terdiri dari 80% bahan daur ulang.
  • Ringan dan mudah dipasang.
  • tidak mempromosikan pertumbuhan jamur atau kutu kutu.
  • tidak memiliki bahaya kesehatan.
  • tidak korosif terhadap logam.

Aplikasi glasswool dalam bangunan :

Aplikasi wol kaca digunakan untuk isolasi struktural, isolasi pipa, filtrasi dan kedap suara. Bahan ini diproduksi untuk melindungi produk interior dan diterapkan di berbagai area bangunan. Selain itu, Glass wool adalah sumber isolasi paling umum di plafon bangunan tempat tinggal, dan juga memiliki aplikasi sebagai berikut :


01. Mengisi Rongga Dinding dan Insulasi Drywall

Bahan ini dikembangkan untuk isolasi dalam struktur rangka baja, bangunan rangka kayu dan sistem drywall. Glasswool dibuat menggunakan wol kaca berkualitas tinggi dan jaringan kaca dihadapkan pada satu sisi untuk kemudahan penanganan, dan meningkatkan kekakuan.

Aplikasi di Drywall:
Bangunan kerangka baja, timber frame structure drywall. Dirancang untuk digunakan di dinding yang berongga tetapi dapat secara efektif digunakan di atas plafon atau langit-langit, bersama dengan garis atap, atau dalam rongga dinding batu.

Penerapan Glasswool sebagai pelindung eksternal:
HVAC dan insulasi sistem pendingin udara yaitu : Duct wrap adalah selimut insulasi termal yang dirancang khusus untuk membungkus di sekitar saluran pendingin udara. Bungkus eksternal di sekitar saluran pendingin udara logam: Sistem pemanas, ventilasi dan pendingin udara berbentuk persegi panjang dan bundar.


02. Isolasi Pipa

Insulasi ini merupakan bagian wol kaca yang telah dibentuk sebelumnya, kaku, berikat resin dengan panjang 1 meter. Celah longitudinal tunggal memungkinkan bagian terbuka untuk mengelilingi pipa dan menutupnya setelah penempatan. Opsi penyelesaian standar dengan kanvas, polos, dan foil bertulang.


03. Lebih dari Isolasi Purlin pada Bangunan Komersial

Papan pabrik adalah papan kaku yang dibuat dari isolasi wol kaca yang tidak mudah terbakar. Material ini umumnya digunakan sebagai dinding cladding multi guna serta insulasi atap purlin. Material ini tersedia dalam ketebalan 25, 40 atau 50mm.


04. Plafon/Langit-langit Yang Digantung

Ubin langit-langit dibuat dari wol kaca anorganik yang tidak mudah terbakar dan diikat dengan pengikat resin termoset inert. Menghadap vinil dekoratif untuk hasil yang tahan lama.



Aplikasi dari Glass wool sebagai Suspended Ceilings:
Plafon gantung : Plafon Bangunan Domestik, Komersial, Industrial Plafon gantung di gedung komersial seperti bioskop, teater rumah, studio rekaman.


05. Insulasi Atap Industri

Glasswool telah dibuat dari bahan fleksibel berkualitas tinggi yang tidak mudah terbakar. Insulasi wol kaca dengan pengikat lembam membuat produk ini ringan, aman dan tangguh. Aplikasinya menghadap satu sisi dengan foil yang diperkuat atau foil metalized putih. Bahan ini diterapkan di kedua sisi berdasarkan permintaan.


06. Insulasi Suhu Tinggi

Glasswool dibuat dari wol kaca yang tidak mudah terbakar, diikat dengan resin termoset inert untuk membentuk produk yang keras dan tangguh. Bahan ini tidak berbau, lembam dan sepenuhnya kompatibel dengan semua bahan bangunan standar.

Glasswool sebagai Kontrol Termal dan Akustik:
Berbagai macam batt wol kaca dan selimut dibuat untuk kontrol termal dan akustik digunakan di bangunan komersial. Insulasi termal industri untuk aplikasi hingga 450 
. Konservasi dan kontrol panas di boiler, tank, pekerjaan saluran, oven, dll. Koreksi akustik di rumah kompresor dan ruang mesin.


07. Kinerja Tinggi dan Pemeriksaan Suara

Panel pada plafon atau langit-langit dibuat dari wol kaca anorganik yang tidak mudah terbakar dan dilem dengan pengikat resin termoset inert. Lantai, permukaan dengan jaringan kaca non-anyaman hitam untuk penyerapan suara yang bergema.

Tidak hanya digunakan pada bangunan komersial seperti bioskop di mana diperlukan kinerja kedap suara yang tinggi, tetapi juga digunakan di area lain di mana penyerapan suara yang optimal diperlukan. Dimasukkan dalam dinding/plafon sebagai papan wol kaca, yang pada gilirannya bisa menjadi isolasi home theater.




Kesimpulan :

Kesimpulannya, wol kaca adalah bahan isolasi yang memiliki aplikasi bervariasi di rumah-rumah sebagai bagian dari atap, langit-langit/plafon, drywalls, teater rumah, dll. Bahan ini banyak digunakan untuk manfaatnya yang bagus dalam isolasi, keamanan terhadap api dan kemudahan pemasangan.


Distributor Pemasaran:

Light Group Indonesia adalah Agen Pusat Distributor Pabrik penjualan dan pemasangan Glasswool Rockwool. Area kami meliputi Kota Jogja / Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Tegal, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Magelang, Temanggung, Kendal, Brebes, Pekalongan, Pemalang, Ambarawa, Boyolali, Demak, Kudus, Pati, Purwodadi, Blora, Rembang, Solo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Kartasuro, Jepara, Madiun, Surabaya, Sukoharjo, Madura, Malang, Mojokerto, Sidoharjo, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Pasuruan, Bandung, Depok, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Subang, Purwakarta, Cikampek, Sukabumi, Serang, Cilegon, Karawang, Banten, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, Denpasar, Singaraja, Amplapura, Gianyar, Tabanan, Bangli, Aceh, Lhokseumawe, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Riau, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Bangka Belitung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Bontang, Parakan, Makassar, Kendari, Palu, Ternate, Tanete, Ambon, Maluku, Sorong, Bawe, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke, Mappi, Maumere, Bima, Kupang, Lombok, Mataram, Sumbawa.

Wilayah Distribusi dan Penjualan Glasswool:

Glasswool Aceh : Meulaboh, Blangpidie, Kota Jantho, Calang, Tapak Tuan, Singkil, Karang Baru, Takengon, Kutacane, Idi Rayeuk, Lhoksukon, Simpang Tiga Redelong, Bireuen, Blang Kejeren, Suka Makmue, Sigli, Meureudu, Sinabang, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam.

Glasswool Sumatra Utara : Asahan, Batu Bara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasandutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pamatangsiantar, Sibolga, Tanjungbadai, Tebing Tinggi.

Glasswool Sumatra Barat : Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok.

Glasswool Bengkulu : Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu.

Glasswool Riau : Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragili Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuatan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai, Pekanbaru.

Glasswool Kepulauan Riau : Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjungpinang.

Glasswool Jambi : Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungaipenuh.

Glasswool Sumarta Selatan : Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ohan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Pgan Komering Ulu Timur, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.

Glasswool Lampung : Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro.

Glasswool Kepulauan Bangka Belitung : Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkalpinang.

Glasswool Jakarta : Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Glasswool Jawa Barat : Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta,Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung Kota, Banjar Kota, Bekasi Kota, Bogor Kota, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya.

Glasswool Banten : Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Cilegon, Serang Kota, Tangerang Kota, Tangerang selatan Kota.

Glasswool Jawa Tengah : Banjarnegara,Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal,Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang Kota, Pekalongan Kota, Salatiga Kota, Semarang Kota, Surakarta Kota, Tegal Kota.

Glasswool Yogyakarta : Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman, Kota Yogyakarta.

Glasswool Jawa Timur : Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo,Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri Kota, Madiun Kota, Malang Kota, Mojokerto Kota, Pasuruan Kota, Purbolinggo Kota, Subaya Kota.

Glasswool Kalimantan Barat :  Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak Kota, Singkawang Kota.

Glasswool Kalimantan Tengah : Barito Selatan, Barito timur. Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.

Glasswool Kalimantan Selatan :  Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru Kota, Banjarmasin Kota.

Glasswool Kalimantan Timur : Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan Kota, Bontang Kota, Samarinda Kota.

Glasswool Kalimantan Utara :  Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, Tarakan.

Glasswool Bali : Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar.

Glasswool Nusa Tenggara Barat : Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima Kota, Mataram Kota.

Glasswool Nusa Tenggara Timur : Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lambata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang Kota.

Glasswool Sulawesi Barat : Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, Polewali Mandar.

Glasswool Sulawesi Selatan : Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Janeponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenereng, Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makkasar Kota, Papolo Kota, Parepare Kota.

Glasswool Sulawesi Tengah : Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Duol, Donggala, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Tolitoli, Palu Kota.

Glasswool Sulawesi Tenggara :  Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konwe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Wakatobi, Bau-Bau Kota, Kendari Kota.

Glasswool Sulawesi Utara : Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Taguladang Biaor, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Telatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung Kota, Kotamobagu Kota, Manado Kota, Tomohon Kota.

Glasswool Gorontalo : Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo Kota.

Glasswool Maluku : Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon Kota, Tual Kota.

Glasswool Maluku Utara : Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Kepulauan Sula, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Ternate Kota, Tidore Kepulauan.

Glasswool Papua Barat : Fakfak, Kimana, Manokwari, Manokwari Selatan, Mybrat, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Womdoma, Sorong Kota.

Glasswool Papua : Amsat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyei, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberano Raya, Mamberano Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura.

 

Hubungi Kami Di:

WA: 0888 0272 5212

WA: 0813 2515 7177

WA: 0818 0413 5008

 

Website: www.dakkeratonjogja.com

Website: lightgroupindonesia.com

Website: bahanbangunanjogja.info

 

Instagram: lightgroup_id

 

Marketplace Tokopedia :

https://www.tokopedia.com/cvlgi/glasswool-peredam-panas-suara-jogja-yogyakarta-wa-081804135008

Marketplace Bukalapak :

https://www.bukalapak.com/p/industrial/industrial-lainnya/3vpzp16-jual-glasswool-jogja?from=product_owner&product_owner=normal_seller

 






 

Comments