Rockwool Pontianak

 Rockwool Pontianak

Pengertian Dasar:

Rockwool Pontianak adalah produk serat mineral ringan yang terbuat dari bahan dasar bebatuan, yang dirancang sebagai bahan peredam suara, sebagai bahan isolasi panas dan sebagai media tumbuh hidroponik.

Pengertian Lainnya :

Rockwool Pontianak adalah media menanam dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari bebatuan dan tidak menggunakan tanah. Rockwool sendiri digunakan untuk media tanam yang banyak sekali digunakan oleh petani hidroponik. Substrat kultur rockwool sering digunakan untuk budidaya sayuran dan tanaman hias. Rockwool sendiri dijual di pasaran, dan sekarang istilah ini populer. Dengan wol batu, Anda tidak lagi membutuhkan tanah untuk menanam apa pun.

Rockwool Pontianak adalah produk serat mineral ringan yang terbuat dari bahan dasar bebatuan, yang dirancang sebagai bahan peredam suara, isolasi terhadap panas, dan dapat juga digunakan sebagai media tanam hidroponik. Karena serat yang tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh yang ekstrim lebih dari 2.150 derajat Farenheit, isolasi rockwool bertindak sebagai penghalang api. Karakteristik tahan apinya dapat menunda penyebaran api, yang bisa menambahkan menit berharga untuk melarikan diri saat kebakaran. Rockwool juga tahan air, anti fouling dan tahan jamur, termasuk berbagai jenis pertumbuhan bakteri. Menjadi tahan air, rockwool tidak akan melemah atau melorot. Rockwool memiliki konten padat yang mengurangi aliran udara dan transmisi gelombang suara.

Spesifikasi :

Diameter / Dimension            : 1200 x 600 (mm)

Thickness                              : 50 (mm)

Density                                  : 60, 80, 100 kg/m3

Temperature Service             : 600 oc

Fungsi :

Fungsi umum dari rockwool Pontianak adalah untuk memberikan isolasi dirumah tinggal atau bangunan komersial. Rockwool juga dapat melindungi pipa, kapal, berkemah, dan peralatan memasak rumah. Meskipun kebanyakan orang diketahui menyediakan isolasi di rumah, mereka juga menggunakan batu dan sigwool sebagai media penanaman hortikultura.

Jenis-Jenis:

Ada berbagai macam jenis rockwool Pontianak, yang paling sering dijumpai adalah rockwool AC dan rockwool tanaman. Banyak orang berpendapat bahwa Rockwool AC dan Rockwool memiliki fungsi yang sama, tetapi mereka tidak. Rockwool AC biasanya lebih murah karena AC rockwool terlalu rapuh.

Cara Pembuatan :

Cara membuat rockwool Pontianak memang sederhana tapi tidak begitu mudah, bagi orang awam tentu media tanam ini sangat aneh dan tidak logis karena rockwool tidak memakai tanah sama sekali. Wol batu umumnya digunakan sebagai substrat biakan hidroponik.

Bahan apa yang terbuat dari wol batu?

Wol batu terbuat dari batu seperti batu kapur, basal dan batubara. Batu itu harus dipanaskan terlebih dahulu. Tetapi jika Anda kesulitan menemukan batu-batu ini di sini, ada berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat wol batu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rockwool sederhana antara lain:

  1. Kaca
  2. Batu ( bisa batu kapur, batu volcanic dari gunung berapi, batu bara )
  3. keramik

Setelah mendapatkan bahan-bahan tersebut lalu bagaimana cara membuat rockwool yang sederhana sebagai media tanam hidroponik?

  1. Anda harus memanaskan kaca terlebih dahulu dengan suhu 230-260 derajat celcius.
  2. Bahan berupa batu juga dipanaskan hingga suhu 700-850 derajat Celcius.
  3. Ketiga keramik yang dipanaskan pada suhu 1200 derajat Celcius
  4. Bahan panas dan menyatu dan telah berubah seperti lava, selanjutnya harus menunggu dingin. Batu-batu itu berubah menjadi serat lava.
  5. Setelah batunya dingin, pengumpulan serat dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Rockwool siap digunakan

Menggunakan media rockwool Pontianak untuk menanam memang mempunyai banyak unggulan tetapi perlu diingat, rockwool yang terbuat dari bebatuan mempunyai kandungan mineral alkali yang sangat besar dan PH dari rockwool cenderung tinggi untuk beberapa jenis tanaman.

Kemudian perawatan khusus dilakukan sebelum digunakan. Lalu apa saja manfaat yang akan didapat dengan menggunakan media rockwool untuk tanaman hias dan sayuran?

  1. Ramah lingkungan. Anda bisa memanfaatkan bahan sisa keramik atau kaca untuk menanam tanaman.
  2. Hemat pupuk
  3. Tidak mengandung patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman / sayuran.
  4. Meminimalkan penggunaan disinfektan yang membuat sayuran tidak sehat / berbahaya saat tertelan.

Dengan menggunakan rockwool Pontianak tentu ini bisa menjadi salah satu alternatif para petani. Tidak hanya petani saja tetapi masyarakat yang hidup di kota besar yang tidak mempunyai lahan untuk menanam pun bisa memakai media tanam ini. Dengan menggunakan wol batu, tentu saja Anda juga dapat menghemat pupuk, karena wol batu dapat menyerap banyak air dibandingkan dengan tanah.

Perbedaan Rockwool AC dan Rockwool Tanaman :

1.  Rockwool AC

Rockwool AC sangat cocok untuk aneka kebutuhan industri, seperti :

  1. Peredam ruangan genset
  2. Peredam Kamar Studio
  3. Peredam ruangan audio visual, ballroom
  4. Tata letak
  5. Atap pabrik
  6. Dinding bangunan
  7. AC / pelapis udara untuk pipa dan kabel
  8. Ramah lingkungan
  9. Tidak mengandung patogen
  10. Dapat menampung air hingga 14 kali kapasitas tanah
  11. Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan
  12. Dapat mengoptimalkan peran pupuk.

Rockwool AC adalah bahan insulation, termasuk jenis isolasi termal dan akustik. Terbuat dari bahan tambang fiber ringan dengan inti berupa Glass (kaca). AC rockwool sangat rapuh karena sifatnya yang berlubang, tidak seperti rockwool tanaman yang memiliki rongga lebih sedikit dan kuat.

2.  Rockwool Tanaman

Rockwool tanaman adalah salah satu jenis media tanam yang populer bagi mereka penggemar hidroponik, tak lepas karena kelebihan rockwool itu sendiri, Media tanam ini dinilai memiliki berbagai keuntungan lebih dibandingkan dengan menggunakan tanah sebagai media tanam.

Sesuai namanya, rockwool memang terbuat dari serat yang terbuat dari batu. Serat dipulihkan dengan memanaskan batu basalt dan pasir ke suhu 1600 derajat Celcius.

Kelebihan rockwool tanaman :

  1. Ramah lingkungan
  2. Tidak mengandung patogen
  3. Mapu menampung air hingga 14 kali kapasitas tanah
  4. Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan
  5. Dapat mengoptimalkan peran pupuk.

Rockwool tanaman sangat cocok untuk bercocok taman / penanaman hidroponik.

Fungsi Rockwool pada Hidroponik :

Sebagai media tanam hidroponik, rockwool memiliki kemampuan menahan air dan udara (oksigen untuk aerasi) dalam jumlah besar yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi pada metode hidroponik.

Struktur serat alami rockwool juga sangat baik untuk mendukung batang dan akar tanaman sehingga dapat ereksi dengan stabil. Kemampuan rockwool untuk membuat bahan ini cocok untuk digunakan sebagai media tanaman mulai dari pembibitan hingga proses produksi / panen.

Namun perlu diperhatikan dengan hati-hati bahwa kadar asam (pH) alami rockwool sangat tinggi (basa) karena kandungan alkali dalam seratnya (pada kisaran pH 8). Ini tidak memenuhi persyaratan kisaran pH tanaman (5.5 – 6.5).

Oleh karena itu, pengkodean diperlukan sebelum digunakan sebagai media tanam. Pemberian pupuk asam seperti pupuk urea, pupuk amonium sulfat, pupuk KCl atau pupuk campuran AB dapat membantu mengatasi masalah ini.

Distributor Pemasaran:

Light Group Indonesia adalah Agen Pusat Distributor Pabrik penjualan dan pemasangan Rockwool. Area kami meliputi Kota Jogja / Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Tegal, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Magelang, Temanggung, Kendal, Brebes, Pekalongan, Pemalang, Ambarawa, Boyolali, Demak, Kudus, Pati, Purwodadi, Blora, Rembang, Solo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Kartasuro, Jepara, Madiun, Surabaya, Sukoharjo, Madura, Malang, Mojokerto, Sidoharjo, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Pasuruan, Bandung, Depok, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Subang, Purwakarta, Cikampek, Sukabumi, Serang, Cilegon, Karawang, Banten, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, Denpasar, Singaraja, Amplapura, Gianyar, Tabanan, Bangli, Aceh, Lhokseumawe, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Riau, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Bangka Belitung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Bontang, Parakan, Makassar, Kendari, Palu, Ternate, Tanete, Ambon, Maluku, Sorong, Bawe, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke, Mappi, Maumere, Bima, Kupang, Lombok, Mataram, Sumbawa.


 

Wilayah Distribusi dan Penjualan:

Aceh : Meulaboh, Blangpidie, Kota Jantho, Calang, Tapak Tuan, Singkil, Karang Baru, Takengon, Kutacane, Idi Rayeuk, Lhoksukon, Simpang Tiga Redelong, Bireuen, Blang Kejeren, Suka Makmue, Sigli, Meureudu, Sinabang, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam.

Sumatra Utara : Asahan, Batu Bara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasandutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pamatangsiantar, Sibolga, Tanjungbadai, Tebing Tinggi.

Sumatra Barat : Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok.

Bengkulu : Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu.

Riau : Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragili Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuatan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai, Pekanbaru.

Kepulauan Riau : Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjungpinang.

Jambi : Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungaipenuh.

Sumarta Selatan : Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ohan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Pgan Komering Ulu Timur, Penukal Abab Lematang Ilir, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.

Lampung : Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro.

Kepulauan Bangka Belitung : Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkalpinang.

Jakarta : Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jawa Barat : Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta,Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung Kota, Banjar Kota, Bekasi Kota, Bogor Kota, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya.

Banten : Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Cilegon, Serang Kota, Tangerang Kota, Tangerang selatan Kota.

Jawa Tengah : Banjarnegara,Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal,Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang Kota, Pekalongan Kota, Salatiga Kota, Semarang Kota, Surakarta Kota, Tegal Kota.

Yogyakarta : Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman, Kota Yogyakarta.

Jawa Timur : Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo,Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri Kota, Madiun Kota, Malang Kota, Mojokerto Kota, Pasuruan Kota, Purbolinggo Kota, Subaya Kota.

Kalimantan Barat :  Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak Kota, Singkawang Kota.

Kalimantan Tengah : Barito Selatan, Barito timur. Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.

Kalimantan Selatan :  Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru Kota, Banjarmasin Kota.

Kalimantan Timur : Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan Kota, Bontang Kota, Samarinda Kota.

Kalimantan Utara :  Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, Tarakan.

Bali : Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar.

Nusa Tenggara Barat : Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima Kota, Mataram Kota.

Nusa Tenggara Timur : Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lambata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang Kota.

Sulawesi Barat : Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, Polewali Mandar.

Sulawesi Selatan : Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Janeponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenereng, Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makkasar Kota, Papolo Kota, Parepare Kota.

Sulawesi Tengah : Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Duol, Donggala, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Tolitoli, Palu Kota.

Sulawesi Tenggara :  Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konwe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Wakatobi, Bau-Bau Kota, Kendari Kota.

Sulawesi Utara : Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Taguladang Biaor, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Telatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung Kota, Kotamobagu Kota, Manado Kota, Tomohon Kota.

Gorontalo : Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo Kota.

Maluku : Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon Kota, Tual Kota.

Maluku Utara : Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Kepulauan Sula, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Ternate Kota, Tidore Kepulauan.

Papua Barat : Fakfak, Kimana, Manokwari, Manokwari Selatan, Mybrat, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Womdoma, Sorong Kota.

Papua : Amsat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyei, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberano Raya, Mamberano Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura.

 

Hubungi Kami Di:

WA: 0888 0272 5212

WA: 0813 2515 7177

WA: 0818 0413 5008

 

Website: www.dakkeratonjogja.com

Website: lightgroupindonesia.com

Website: bahanbangunanjogja.info

 

Instagram: lightgroup_id

 

Marketplace Tokopedia :

D60: https://www.tokopedia.com/cvlgi/rockwool-d60-insulasi-peredam-panassuara-jogja-yogyakarta-081804135008

D80: https://www.tokopedia.com/cvlgi/rockwool-d80-insulasi-peredam-panassuara-jogja-yogyakarta-081804135008

D100: https://www.tokopedia.com/cvlgi/rockwool-d100-insulasi-jogja-yogyakarta-081804135008

 

 Marketplace Bukalapak :

D60: https://www.bukalapak.com/p/industrial/safety/safety-lainnya/3wkx9pt-jual-rockwool-d60-insulasi-jogja-yogyakarta?from=product_owner&product_owner=normal_seller

D80: https://www.bukalapak.com/p/industrial/safety/safety-lainnya/3wkw6zn-jual-rockwool-d80-insulasi-jogja-yogyakarta?from=product_owner&product_owner=normal_seller

D100: https://www.bukalapak.com/p/industrial/safety/safety-lainnya/3w2oy5q-jual-rockwool-d100-insulasi-jogja-yogyakarta?from=product_owner&product_owner=normal_seller


 




Comments